Berita

25/01/2021 23:15 WIB oleh Laila Sharfina
Internship DDB Telkom Ajak Mahasiswa FTI-ITB Kontribusi Dalam Pengembangan Platform Digital

Bandung - Pada setiap era, akan selalu tercipta tuntutan baru, perkembangan kompetensi yang berorientasi pada kebutuhan dunia. Revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT), yang dihimpun dalam Big Data, diproses oleh Artificial Intelligence (AI) dan diproteksi dengan Cyber Security, telah menciptakan karakteristik baru yaitu kemampuan untuk adaptif dalam mengadopsi kecanggihan teknologi. Telkom, khususnya Direktorat Digital Business (DDB) yang kini sedang berfokus pada transformasi digital, serius menggarap pengembangan bisnis platform digital. Dalam pengembangan bisnisnya, Telkom selalu melakukan continuous improvement, menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, berdasarkan user customer analytic. Hal ini lah tentunya yang perlu dipahami oleh mahasiswa, mengetahui bagaimana ekosistem bisnis digital berjalan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang dinamis. 



Telkom DDB menyadari bahwa urgensi pengembangan teknologi memerlukan upaya kolaborasi antara stakeholder, salah satunya dengan Perguruan Tinggi untuk bersama-sama mengatur rencana strategis, agar nantinya mahasiswa mampu berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan sesuai ranah kemampuan yang dimilikinya. Pada 25-29 Januari 2021, Program Internship DDB Telkom telah membuka rekrutmen khusus mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI)-Institut Teknologi Bandung (ITB). “Kami membuka Batch special untuk FTI-ITB, karena ada kerja sama yang sedang diinisiasi terkait penelitian, melalui program internship yang bisa dilanjutkan dengan pengerjaan Tugas Akhir. Harapannya, akan ada kesesuaian profile mahasiswa dengan kebutuhan industri”, ujar Sendylenvi Regia, Program Internship DDB Telkom Coordinator pada kegiatan sosialisasi via video conference (25/01/21).



Kemendikbud memang sudah memberikan mandat bagi para Perguruan Tinggi dalam memberikan kemerdekaan belajar para mahsiswa, sebab kemampuan beradaptasi dan karakter ketahanan mental (resilience) harus dibentuk, bukan hanya diajarkan. Melalui program internship, mahasiswa akan diberikan real project challenge, disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing. “Bagi mahasiswa yang ingin memperkuat skill dan kompetensi spesifik pada bidang tertentu, maka kalian (mahasiswa) bisa mengikuti kegiatan merdeka belajar yang digagas oleh Kemendikbud, salah satunya melalui program magang. Terima kasih kepada Telkom, kami diberikan kesempatan untuk mengikuti sejumlah program, salah satunya Program Internship DDB Telkom”, Ungkap Dr. Yogi Wibisono Budhi, ST., M.T, Wakil Dekan Bidang Akademik ITB.



Para expertise Telkom menjelaskan penerapan use case yang cocok dengan kompetensi mahasiswa FTI-ITB. Mereka mengajak mahassiwa untuk turut berpartisipasi, menghasilkan kolaborasi yang apik, sebab Supervisor pun akan mendapatkan ilmu yang terbarukan secara akademis dari mahasiswa dalam proses pengembangan inovasi product dan service digital. 



Tentunya, lulusan perguruan tinggi sebagai talenta muda Indonesia diharapkan mampu meningkatkan capability Bangsa untuk menjadi produsen teknologi dunia, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara masif. Melalui Program Internship DDB Telkom, mahasiswa FTI-ITB akan On Job pada 15 Februari-15 Agustus 2021, berpartisipasi mengembangkan berbagai penelitian teknologi. “Dari platform yang ada, akan dibentuk service yang nantinya dinikmati oleh user. Kami akan memastikan apakah layanannya sudah mudah digunakan, menenuhi kaidah customer centric. Untuk itu, khususnya mahasiswa Teknik Industri yang memiliki passion di bidang lain, misalkan business, kita bisa belajar bareng selama riset atau pada task-task yang kita deliver”, ungkap Daru Puspitaningrum, expertise di Big Data Platform, AI & Cyber Security Telkom.