Berita

08/01/2021 09:29 WIB oleh Laila Sharfina
Internship Participant Buktikan Mampu Dobrak Keterbatasan Melalui Kreativitas Tinggi

Bandung – Memasuki awal tahun baru, Program Internship DDB Telkom telah menyelenggarakan kegiatan Pisah Sambut perdana pada Selasa, 5 Januari 2021 via CloudX yang juga disiarkan langsung via official account Instagram @internship_ddbtelkom. Para perwakilan Perguruan Tinggi hadir mendampingi mahasiswa yang telah Graduate dari Batch Match Up FHCI BUMN-Telkom Juli & Tel-U Batch II 2020, serta yang akan On Job pada Batch Match Up FHCI BUMN-Telkom Januari 2021. 



Sejak Triwulan II 2020, Program Internship DDB Telkom telah dilaksanakan secara Work From Home (WFH). Namun, On Job tetap berjalan dengan lancar, sebab Telkom, sebagai perusahaan yang bertransformasi menjadi digital telco, telah menerapkan the new way of working, salah satunya ialah konsep remote working semenjak beberapa tahun yang lalu. Maka, skema WFH yang dihimbau oleh pemerintah selama pandemi tak jadi penghambat kolaborasi antara Supervisor dan Internship Participant. Justru hal ini melatih mereka untuk siap menghadapi berbagai tantangan saat terjun sebagai seorang profesional. 



Dra. Endang Budiasih, M.T, Kepala Program Perkuliahan Dasar dan Umum Telkom University, turut memberikan apresiasi pada Internship Participant yang berhasil lulus, mendapatkan sertifikat PMMB FHCI BUMN-Telkom. “Kami ucapkan selamat karena Anda (Internship Participant) telah menikmati fasilitas, jamuan ilmu di salah satu BUMN terbesar di Indonesia. Meskipun situasinya sulit, kalian dapat melewatinya dengan baik, semoga semua bekal ini dapat dibagikan ke teman-teman lainnya di kampus. Kami titip mahasiswa yang akan On Job di Internship DDB Telkom, semoga dapat dibimbing dengan baik”, pesan Endang. 



Tak terkotak-kotakan oleh bidang ilmu tertentu, Internship DDB Telkom memang membuka kesempatan bagi semua mahasiswa yang memiki minat dan bakat dengan rasa ingin belajar yang tinggi untuk terjun di dunia digital. Maka sebagai digital talent, Internship Participant dilatih untuk mampu mendobrak keterbatasan, menunjukan kemampuan dan daya kreativitas tinggi. Ghalib Hisyam dan Sulthan Arief, Internship Participant dari Telkom University pun mampu menunjukan inovasi baru dengan membuat stage Pisah Sambut virtual sebagai nuansa baru tampilan live streaming. Hal ini membuktikan bahwa mereka siap untuk beradaptasi, memberikan solusi tepat dalam kondisi apapun. 



Selain itu, kesuksesan Program Internship DDB Telkom dalam mempersiapkan mahasiswa/i menjadi siap terap di dunia kerja terbukti melalui pengalaman yang didapatkan para Internship Participant. Meskipun dilaksanakan secara daring selama 6 bulan, mereka mendapatkan pengalaman yang tak kalah membanggakan dibandingkan dengan pelaksanaan Internship secara tatap muka. "Melalui ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan dari program ini, saya akhirnya bisa menentukan passion dan hal tersebut menjadi bekal saya untuk mendalami riset di bidang terkait dengan melanjutkan pendidikan S2 di Korea Selatan", ujar Nadhira Azizah Suwanda, Internship Participant Tel-U Batch II 2020, sembari meminta dukungan dan doa dari seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir.



Inovasi dan kontribusi yang diberikan Internship Participant selama On Job juga diapresiasi oleh Agung Hendriyanto, perwakilan Supervisor, “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Internship Participant yang telah memberikan ide dan kontribusinya selama menjalankan program Internship ini. Meski bekerja secara remote dari rumah, rekan-rekan Internship tetap bisa memberikan ide-ide brilian yang sangat membantu program-program yang saat ini sedang kami kembangkan".



Keberhasilan ini tentunya tak lepas dari dukungan berbagai pihak, salah satunya Perguruan Tinggi sebagai stakeholder yang selalu mendampingi dan mengawasi para mahasiswa selama menjalani On Job. “Tentunya ini tak mudah, kami membutuhkan terus dukungan serta feedback dari para stakeholder. Alhamdulillah antusiasme mahasiswa sangat besar, para Internship Participant Batch Match Up Januari 2021 pun datang dari jurusan yang sangat variatif”, ujar Sendylenvi Regia, Internship DDB Telkom Coordinator.