Berita

22/02/2021 10:16 WIB oleh Annisa Azzahra
Internship Participant DDB Telkom Terlibat dalam Project Sistem Informasi Satu Data Vaksin COVID-19

Bandung - Pada era ini, perkembangan industri perlahan mulai menyentuh dunia virtual yang membentuk konektivitas antar manusia dan data, atau yang lebih dikenal dengan Internet of Things (IoT) hingga Big Data yang mulai mempengaruhi kehidupan masyarakat. Telkom, khususnya Direktorat Digtial Business (DDB) berkomitmen untuk terus bertransformasi dan memperluas jangkauan bisnis digital telco melalui beragam upaya kerja sama strategis, akusisi, serta pengembangan produk yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan bergabungnya Fakultas Teknik Industri – Institut Teknologi Bandung dalam Program Internship DDB Telkom pada Batch Februari 2021, maka Internship Participant akan banyak terlibat di penelitian, khususnya bidang IoT dan perkembangan Big Data.



Tak hanya terjun dalam penelitian 4.0, Internship Participant akan dilibatkan pada Project Sistem Informasi Satu Data Vaksin COVID-19, sebab Telkom kini menjadi salah satu BUMN yang diberikan amanah untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber menjadi satu data, menghindari informasi data ganda penerima vaksin. Dalam pelaksanaannya, project ini membutuhkan keterlibatan berbagai pihak dalam pembangunan infrastruktur sistem informasi yang optimal serta terintegrasi, maka Internship Participant pun akan turut berkontribusi dalam proses distribusi vaksin agar terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.



Dengan dilibatkannya Internship Participant pada project ini, maka akan tercipta sinergi antara Pemerintah, Perguruan Tinggi, dan Industri lewat pembekalan mahasiswa melalui berbagai pengalaman yang akan didapatkan dari real project challenge. Hal tersebut menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata. “Pada batch ini, Internship Participant mayoritas On Job di Bidang Internet of Things (IoT) dan Big Data Platform, AI & Cyber Security, beberapa participant akan bergabung dalam Project Sistem Informasi Satu Data Vaksin, karena Telkom sedang diberi amanah dari pemerintah, menjalankan sistem satu data vaksin. Semoga kalian (Internship Participant) dapat optimal dalam menjalani penugasan ini, guna tingkatkan hard skill maupun soft skill”, ujar Hepta Yuniarta, Senior Manager General Affairs Telkom Direktorat Digital Business pada First Meet PMMB FHCI BUMN-Telkom Batch Fakultas Teknologi Industri (FTI)-Institut Teknologi Bandung (ITB) Februari 2021 yang digelar secara online via Cloud X (15/02/2021).



Sejumlah Internship Participant yang tergabung dalam Batch FTI-ITB Februari 2021 telah resmi menjalani On Job selama 6 bulan ke depan. Prof. Brian Yuliarto, Ph.D selaku Dekan FTI-ITB berpesan agar mahasiswanya dapat menjalani On Job dengan sungguh-sungguh sebab tidak mudah mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Program Internship DDB Telkom. “Selamat untuk para mahasiswa yang telah lulus seleksi, kalian sangat beruntung karena telah menyisihkan mahasiswa lainnya. Mohon jalani Internship dengan optimal, betul-betul jaga amanah ini dan bawa nama baik FTI-ITB. Kami merasa terhormat bisa menitipkan sebagian pendidikan dan pengembangan diri mahasiswa kami untuk menjalani internship di DDB Telkom”, ungkap Brian.



Tidak hanya berperan sebagai fasilitator, Program Internship DDB Telkom juga menjadi jembatan bagi mahasiswa yang ingin melakukan eksplorasi di dunia industri. Dengan beberapa tahapan seleksi hingga terpilihnya mahasiswa terbaik, Internship Participant diharapkan dapat memegang komitmen selama menjalankan On Job sesuai durasi yang telah ditentukan, menjalaninya dengan rasa tanggung jawab, dan terus menumbuhkan keinginan belajar yang tinggi. Ibnu Alinursafa, Supervisor Participant dari IoT Platform berharap agar Internship Participant dapat pro-aktif dalam menyampaikan gagasan, bertukar pikiran atau bertanya pada Supervisor dan tim, karena sejatinya, tugas utama Internship Participant ialah belajar dan meningkatkan skill.