Berita

08/07/2020 13:02 WIB oleh Laila Sharfina
Kolaborasi Jadi Kunci Pelaksanaan WFH Internship DDB Telkom

Bandung - Beradaptasi dengan kebiasaan baru saat pandemi, Internship DDB Telkom tetap menyelenggarakan Pisah Sambut PMMB FHCI BUMN pada Kamis, 2 Juli 2020. Acara dilaksanakan secara virtual via CloudX yang disiarkan langsung di akun resmi Instagram @internship_ddbtelkom dan innovationday.ddbtelkom.id/internship/. 



Proses belajar di tengah pandemi dapat terus terlaksana melalui Program Internship DDB Telkom dengan kebijakan Work From Home (WFH). Kesempatan ini menjadi ajang bagi Internship Participant untuk melatih kedisiplinan dan menjaga produktivitas selama masa pandemi. "Telkom telah menerapkan WFH, jadi Internship Participant tidak sekedar mendapatkan sertifikat, tapi juga dapat ilmu yang akan berguna ke depannya. Kegiatan mereka pun tetap terkontrol oleh Supervisor melalui Internship Daily Timesheet (IDT). Jadi untuk Internship Participant yang sudah diterima, kalian beruntung mendapatkan kesempatan ini”, ujar Hepta Yuniarita, Senior Manager General Affairs dalam sambutan sekaligus arahannya. 



Tak dapat dipungkiri bahwa menjalani internship dengan skema WFH membutuhkan keterampilan manajemen waktu dan komitmen yang tinggi. Kolaborasi Internship Participant dengan Supervisor pun menjadi kunci, sebab produktivitas tak hanya dilihat kasat mata dari presensi, melainkan pemantauan hasil kerja dan pencapaian target melalui IDT. “Meskipun hanya bisa bertemu secara virtual, kegiatan daily meeting tetap berjalan agar tidak terjadi miscommunication. Selain itu, aku juga mengisi IDT untuk memudahkan Supervisor dalam melakukan kontrol dari kegiatan yang aku lakukan. Hal yang terpenting adalah jangan sampai WFH membuat kita lalai dengan pekerjaan”, ungkap Syasya Sahira, Internship Participant Batch Tel-U II 2020. 



Angelin Tikupasang, salah satu Internship Supervisor mengungkapkan bahwa menjalin koordinasi tanpa tatap langsung menjadi tantangan tersendiri bagi Supervisor untuk tetap menjaga kerja tim yang solid, memberikan arahan dan dukungan bagi Internship Participant. “Saya sebagai Supervisor terus membantu mengasah kemampuan participant melalui berbagai adaptasi kegiatan selama WFH. Selain menanamkan rasa disiplin dan tanggung jawab, komunikasi dan kolaborasi tim sangatlah penting untuk terus dilakukan agar kegiatan tetap berjalan dengan baik", ujar Angelin.



Keberhasilan Program Internship DDB Telkom dalam menerapkan kebijakan WFH secara responsif mendapatkan apresiasi dari Devie Rachmawati, Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia. “Banyak perubahan positif yang terjadi pada lulusan internship, mereka banyak mendapatkan vitamin K yaitu kognitif, keterampilan kerja, kepekaan dan kolaborasi. Terima kasih Program Internship DDB Telkom, semoga semakin banyak Perguruan Tinggi yang dapat bergabung. Saya akhiri dengan pantun, cari kuota pulsa di Telkom Landmark, tidak lupa berzakat ke panti asuhan. Kami doakan teman-teman Telkom tetap bahagia, serta terus memberikan tiket magang untuk mahasiswa", ungkap Devie yang disambut tepuk tangan meriah hadirin. 



Selamat bagi Internship Participant Tel-U Batch I 2020 yang telah graduate dari Program Internship DDB Telkom. Adapun pelaksanaan on job Internship Participant Tel-U Batch II dan Match Up FHCI BUMN Juli 2020 mulai efektif berjalan pada Rabu, 3 Juli 2020. Selamat menjalankan on job selama 6 bulan ke depan, tetap tanamkan semangat belajar, disiplin dan tanggung jawab ya!