Berita

29/08/2020 10:40 WIB oleh Laila Sharfina
Komitmen Internship DDB Telkom dalam Menjaga Kualitas Internship Participant

Bandung - Melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), Indonesia dapat memanfaatkan momentum bonus demografi dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih produktif dan kompetitif. Maka sinergi antara Industri dan Perguruan Tinggi pun sangat diandalkan, mendukung salah satu Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. 



Ditengah pandemi Covid-19, Telkom pun membuktikan dukungan dan kesiapannya dalam menghadapi situasi ini, menerapkan internship dengan skema Work From Home (WFH) yang tetap berfokus pada produktifitas para participant. Hal ini disampaikan Hepta Yuniarita, Senior Manager General Affairs.  “Saya selalu titip kepada Sendy, sebagai Internship DDB Telkom Coordinator, untuk tetap mengawasi aktivitas para Internship Participant agar mereka mendapatkan pengalaman yang luar biasa meskipun WFH”, ungkap Hepta dalam acara Pisah Sambut PMMB FHCI BUMN - Internship DDB Telkom pada Senin, 3 Agustus 2020.



Tak hanya mengedepankan kuantitas, Internship DDB Telkom komitmen untuk prioritaskan kualitas agar memberikan win-win solution antara perguruan tinggi khususnya mahasiswa dan industri. Hepta menyatakan bahwa Program Internship DDB Telkom serius membekali para participant untuk dapat mengenal tantangan dan peluang di dunia industri, “Sudah lima tahun berkiprah, Internship DDB Telkom selalu berusaha memberikan yang terbaik. Kami menyadari bahwa kehadiran Internship Participant memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan, maka kami pun ingin memberikan ilmu berharga bagi kalian (Internship Participant), jadi tidak asal hanya terdaftar namanya sebagai peserta Internship di DDB Telkom”. 



Komitmen ini tentunya tak hanya ungkapan belaka, dibuktikan dengan testimoni Katarina Anggisinta, salah satu Internship Participant dari Vokasi UI. Anggi menceritakan upaya Supervisor dalam membangun solidaritas tim, “Internship di DDB Telkom itu asyik, yang terpenting adalah Supervisor selalu supportive dan memperhatikan progress Kami (Internship Participant). Tak hanya memberikan tugas, Supervisor juga menuntun Kami untuk dapat menyelesaikannya. Banyak metode yang Kita lakukan, mulai dari morning briefing hingga meditasi. Kita juga mengadakan sesi curhat selama 30 menit, bebas cerita soal kerjaan, kampus bahkan keluarga”. 



Keberadaan Supervisor sebagai mentor bagi Internship Participant berperan penting dalam pengelolaan aktivitas agar tetap optimal. Berbagai upaya dilakukan hingga Internship Participant dapat beradaptasi dengan skema WFH.  “Kami membiasakan untuk daily review agar kita tetap bonding antara Supervisor dan Internship Participant. Dengan begitu, komunikasi berjalan lancar, Kami dapat mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh tim. Saya juga ucapkan terima kasih pada tim Internship DDB Telkom karena Internship Daily Time Sheet (IDT) telah menjadi tools kolaboratif yang sangat bagus untuk kami memantau progress dan aktivitas mereka”, ujar Fariz Alemuda, Supervisor Internship. 



Keberhasilan upaya ini perlu didukung oleh komitmen tinggi para Internship Participant, bersungguh-sungguh menjalani internship untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja. Tidak mudah untuk bersaing dengan ratusan peserta rekrutmen Internship DDB Telkom lainnya, berkesempatan untuk belajar menjadi seorang profesional, sebab besarnya antusiasme mahasiswa harus disesuaikan dengan kebutuhan Supervisor untuk menjaga produktivitas Internship Participant.