Berita

07/04/2021 16:22 WIB oleh Laila Sharfina
Proaktif dan Inisiatif Jadi Kunci Dapatkan Hasil Pengalaman Internship yang Optimal

Bandung - Mendukung penuh Program Kampus Merdeka demi wujudkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berkarakter, Program Internship DDB Telkom kembali menyambut Internship Participant Batch Match Up FHCI BUMN-Telkom April 2021. Sebanyak 75 Participant telah resmi menjalani On Job pada acara Pisah Sambut PMMB FHCI BUMN-Telkom yang diselenggarakan secara daring (01/04/2021).



"Kini hampir setiap bulan kami menerima Internship Participant yang terbagi dalam beberapa batch. Ini merupakan hal positif, memberikan benefit bagi berbagai pihak, khususnya untuk mahasiswa yang akan On Job selama enam bulan ke depan. Jadikanlah internship sebagai pengalaman yang tak terlupakan", ungkap Hepta Yuniarita, Senior Manager General Affairs dalam sambutannya.



Untuk benar-benar mendapatkan pengalaman internship yang optimal, waktu enam bulan merupakan durasi minimal menjalani On Job, mulai dari mengenali budaya kerja hingga mampu memahami dan mengimplementasikannya. Dukungan Perguruan Tinggi dengan memfasilitasi mahasiswa agar dapat menyetarakan magang dengan sejumlah satuan kredit semester (SKS) yang diambil akan memberikan bobot tanggung jawab yang lebih besar.



"Sejak angkatan pertama, Kami (President University) sudah menerapkan program magang wajib bagi mahasiswa yang dapat dikonversi menjadi SKS, sehingga menuntut mahasiswa untuk serius menjalaninya. Maka, untuk teman-teman mahasiswa, manfaatkan kesempatan ini karena kami berkeyakinan bahwa sebetulnya internship merupakan titik awal karir kalian", ujar Ir. J. Budhi Susetiyo, Direktur Internship and Career Center President University.



Sebagai langkah awal dalam membangun career path, bukan tidak mungkin jika program internship menjadi ajang bagi perusahaan untuk mengakuisisi talenta-talenta terbaik bangsa. Soft skill yang diasah selama On Job dapat menjadi modal kerangka berpikir dalam menghadapi berbagai rintangan saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Tentu hal ini perlu menjadi keyakinan bersama untuk mendorong calon lulusan perguruan tinggi mematangkan dirinya sebelum terjun sebagai seorang profesional.



"Ketika melibatkan Internship Participant dalam squad, kami (Supervisor) sadar harus membuat lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan. Kami harus mengenalkan budaya kerja, core value Telkom, shaping the character dan attitude, yang mana ini merupakan shared responsibilities. Internship Participant juga perlu memiliki karakter yg haus akan belajar. Jadikan dinamika dalam tim sebagai experience khusus, modal awal untuk meniti karir. Be active, jangan takut explore dan bertanya", pesan Rotua Chyntia Dame, salah satu Internship Supervisor



Bahkan, Annisa Wulandari, Internship Participant yang telah melewati masa On Job, menyadari bahwa pengalaman internship tak akan didapatkan tanpa adanya keberanian untuk explore hal baru, inisiatif, dan proaktif menyalurkan ide serta gagasan. "Internship won't take you anywhere if you dont know what to start. Tiga kata untuk Program Internship DDB Telkom, Collaboration, Challenging, Creativity", pungkas Annisa.