Berita

21/03/2020 11:03 WIB oleh Laila Sharfina
Sebagai Pengembang Produk Digital, Telkom DDS Jadi Incaran Mahasiswa untuk Internship

Bandung - Internship DDS Telkom menggelar Interview Session Rekrutmen Batch Match Up FHCI BUMN April 2020 pada Senin dan Rabu (16&18/03/20). Diikuti oleh peserta dari berbagai Perguruan Tinggi yang sudah bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Interview dilakukan secara online melalui video conference. Kebijakan ini sesuai dengan arahan pemerintah untuk membatasi kontak fisik dan menjauhi keramaian sebagai kewaspadaan terhadap penularan COVID-19. 



Meski digelar secara online, peserta interview tetap menunjukan antusiasme dalam menceritakan pengalaman hingga skill yang dimiliki. Mereka mengutarakan minatnya untuk terjun di dunia digital dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Mahendra Hari Utomo, peserta dengan bidang peminatan Big Data mengatakan, "Pada era revolusi industri 4.0, tentunya data menjadi hal yang sangat penting. Meskipun baru belajar di semester 5, Big Data merupakan investasi yang besar sebagai pengolahan data yang nantinya dianalisis untuk improvement perusahaan. Saya ingin mencari pengalaman lebih banyak terkait Big Data di Telkom DDS".



Sebagai digital locomotive Telkom, Divisi Digital Service (DDS) berperan dalam penyelenggaraan aktivitas binis yang berfokus pada pengembangan dan pengelolaan produk digital dengan menerapkan metode pengembangan produk ala start up seperti design thinking hingga agile development. Mayoritas peserta interview mengungkapkan motivasinya untuk turut berinovasi dalam mengembangkan ekosistem digital di Indonesia. "Selain ingin asah skill, Aku memang punya cita-cita untuk nantinya bekerja di Telkom. Khususnya Telkom DDS sebagai divisi pengembang produk-produk digital yang tentunya dituntut untuk terus berinovasi, sehingga Aku tertantang juga untuk turut serta berinovasi" kata Herawati Butar Butar, peserta Inteview dari Telkom University.



Pada sesi interview, tidak sedikit peserta yang berkeinginan internship di Telkom DDS untuk nantinya dapat melanjutkan karir di Telkom. Pada berbagai kesempatan, Sendylenvi Regia, Internship DDS Telkom Coordinator, mengungkapkan bahwa tidak ada jaminan peserta Internship dapat melanjutkan karir di Telkom, karena peserta tetap harus mengikuti rekrutmen Great People Trainee Program (GPTP). Namun dengan bergabung bersama Program Internship DDS Telkom, peserta akan mendapatkan privilege untuk mempelajari budaya kerja Telkom DDS, serta berkesempatan terjun langsung dalam real project untuk memperkaya portofolio diri. 



Peserta yang lulus seleksi interview akan on job pada 1 April - 30 September 2020. Hasil interview akan dapat dilihat pada akun web internship.ddstelkom.id masing-masing, yang juga diumumkan melalui akun instagram @internship_ddstelkom. Good luck Guys!