Berita

17/02/2020 15:04 WIB oleh Laila Sharfina
Telkom DDS Siap Dukung PMMB Guna Wujudkan SDM Unggul, Indonesia Maju

Jakarta - Internship DDS Telkom turut berpartisipasi dalam Launching Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB) 2020 oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) serta Forum Human Capital Indonesia (FCHI)  di Assembly Hall Lantai 9 Gedung Menara Mandiri, Jakarta (12/02/20). Acara ini dihadiri oleh para peserta PMMB, Rektor Perguruan Tinggi, Direksi BUMN, serta pejabat kementerian diantaranya Nadiem Makariem, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Eric Thohir, Menteri BUMN.  



Dalam mewujudkan visi pemerintah, SDM Unggul Indonesia Maju, pendidikan merupakan salah satu sektor yang perlu menjadi perhatian khusus, sebab talenta anak bangsa akan memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia. Eric Thohir dalam pidatonya menyampaikan bahwa perlunya sinergi antar kementerian, yang salah satunya melalui PMMB oleh FHCI BUMN dan Kampus Merdeka oleh Kemendikbud. “Saya ingin kita saling bersinergi antar kementerian untuk membangun talenta muda Indonesia. Dana CSR yang ada di BUMN akan dimaksimalkan 30% di pendidikan”.



Selaras dengan pernyataan tersebut, Nadiem mengatakan bahwa melalui PMMB, FHCI BUMN telah membuat program yang searah dengan visi Kemendikbud.  Terdapat empat kebijakan penting dalam Kampus Merdeka yang sejalan dengan PMMB, salah satunya ialah Hak Belajar Tiga Semester di luar Prodi. Nantinya, Perguruan Tinggi akan memberikan hak bagi mahasiswa untuk dapat mengambil satuan kredit semester (SKS) di Prodi yang berbeda di perguruan tinggi yang sama sebanyak 1 semester (20 SKS), serta secara sukarela mengambil SKS di luar perguruan tinggi sebanyak 2 SKS (setara dengan 40 SKS). 

Daftar kegiatan yang dapat diambil mahasiswa jika mengambil SKS di luar perguruan tinggi dapat dipilih dari program yang ditentukan pemerintah dan/atau program yang disetujui oleh rektornya seperti magang di industri. Kebijakan ini diharapkan dapat mempercepat inovasi di bidang pendidikan khususnya dalam meningkatkan kualitas mahasiwa yang siap terap di dunia kerja. Bahkan, Yuni Sunarto, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN berharap ke depannya program magang bersertifikat tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa, namun juga untuk standar kelulusan sekolah Vokasi seperti Diploma dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).



Diinisiasi sejak 2016, Program Internship DDS Telkom telah diakui sebagai PMMB FHCI BUMN yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa melaksanakan internship selama minimal 6 bulan. Peserta internship akan terjun langsung dalam real project challenge, guna menciptakan link and match antara kompetensi kerja dengan kebutuhan industri. Seperti perumpamaan yang di ungkapkan Nadiem, “Penguatan karakter tidak bisa terjadi jika mahasiswa S1 hanya berenang di kolam renang, bukan di laut lepas. Sebab di sana (kolam renang) itu tidak ada hiu, ombak, angin dan terpaan lainnya. Kita harus melatih mahasiswa untuk melaut di laut terbuka, sehingga saat nanti terjun kembali, dia tidak shock dan lebih siap mengani tantangan apapun di depannya”.